Jumat, 13 Juli 2018

BEHIND THE SCREEN

Dari ruangan kecil menuju ruang tanpa batas di pentas dunia abad 21. Maksudnya, abad 21 adalah abad digital. Komunikasi dilakukan melewati batas wilayah negara dengan menggunakan perangkat teknologi yang semakin canggih. Internet sangat membantu manusia dalam berkomunikasi. Melalui smartphone yang dimilikinya, para siswa dapat memanfaatkannya untuk melakukan pembelajaran dengan metode e-learning. E-Learning (Electronic Learning) berarti pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika. Dalam pelaksanaannya, e-leraning menggunakan jasa audio, video atau perangkat komputer atau kombinasi dari ketiganya. Pemanfaatan e-learning tidak terlepas dari jasa internet. Karena teknik pembelajaran yang tersedia di internet begitu lengkap, maka hal ini akan mempengaruhi terhadap tugas guru dalam proses pembelajaran. Disini, siswa benar-benar dituntut untuk berperan aktif dalam pembelajaran interaktif melalui komputer dan internet.

Anak-anak berhadapan dengan komputer dan melakukan aktivitas pembelajaran secara interaktif melalui jaringan internet untuk memperoleh materi belajar dari berbagai sumber belajar. Anak akan melakukan kegiatan belajar yang sesuai dengan kondisi kemampuan individualnya sehingga anak yang lambat atau cepat akan memperoleh pelayanan pembelajaran yang sesuai dengan dirinya. Selain itu, keterlibatan orang tua juga memiliki hambatan yang cukup pelik, mengingat tak sedikit dari orang tua sesungguhnya merupakan bagian dari birokrasi kependidikan dan juga tak sedikit bagian dari partai politik. Sejak mengemukakan jargon 'sekolah gratis', pemerintah seperti menutup kesempatan bagi orang tua dan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam proses belajar-mengajar di sekolah. 
 
Inilah kami yang selama ini berada di balik blogg majalah ini. Setiap detik kami habiskan di ruangan ini menatap layar monitor. Demi mengharumkan nama baik SMP Negeri 2 Kuta Selatan.



Inilah kesibukan kami di ruangan kecil ini membekali diri dengan karya-karya sederhana
Kami selalu mendengarkan arahan dan nasehat-nasehat dari Bapak Priyana





 Ni Made Ayu Trisna Anggreni ( @triisnanggrenii )
Ni Luh Putu Pranjipani Dyah Pramesti ( @pranjipanidy )
Dewa Ayu Tirta Jiwantari ( @tirtadewaayu ) 

1 komentar:

  1. Wahh,semangat terus dan jangan putus asa untuk memajukan smp negeri 2 kutaselatan nya!!!

    BalasHapus